Rabu, 03 November 2010

Paduan Batik Dan Kebaya

Menurut sejarah, batik telah dikenal sejak abad XVII yang dilukis di sebuah daun lontar. Saat itu, corak batik didominasi oleh bentuk binatang dan tanaman. Namun demikian ide dasar nenek moyang tersebut telah menginspirasi anak bangsa untuk untuk terus berkarya mengembangkan corak batik dengan memasukan ornamen-ornamen nusantara didalamnya. Pada akhirnya, pengembangan corak batik tersebut mengalami peleburan dengan lukisan seni dan dekorasi pakaian, hingga munculah seni batik tulis seperti yang kita kenal saat ini.

Sedangkan kebaya, dipercayai berasal dari bangsa Cina yang singgah ke bumi nusantara ratusan tahun silam. Kebaya Cina ini menyebar ke Malaka, Jawa, Bali, Sumatera, dan Sulawesi yang kemudian mengalami penyesuaian dengan budaya setempat selama ratusan tahun, hingga akhirnya busana ini pun diterima sebagai tradisi bangsa Indonesia.

Hingga saat ini telah mengalami perubahan model baju kebaya dan corak namun kebaya tetap memiliki karakteristik dasarnya. Dan yang terpenting busana Kebaya akan selalu memiliki tempat di hati Wanita Indonesia dibelahan dunia manapun sebagai pakaian khas wanita Indonesia.

Pelestarian busana tradisional Indonesia merupakan tanggung jawab kita semua sebagai manusia Indonesia khususnya wanita Indonesia. Diperlukan adanya jemari dan hati tulus untuk terus melestarikan keberadaannya, baik itu secara pribadi maupun institusi. Untuk alasan itulah, komuniti WanitaOnline.com memberikan komitmen yang tinggi untuk terus menjadi salah satu institusi yang mendukung pelestarian dan pengembangan tradisi luhur warisan Ibu Pertiwi ini.

Sumber - wanitaonline.com

Temukan semuanya tentang Bisnis & Promosikan Usaha Anda di Iklan Gratis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar