Kamis, 04 November 2010

Demam Street Ball Di Indonesia

Kompetisi Bola Basket terbaik masih dipegang Amerika Serikat. Dengan liga yang bernama NBA, olahraga ini kian digemari masyarakat di Indonesia. Namun belakangan, nama streetball mulai digandrungi kalangan anak muda dipelosok negeri. Streetball merupakan olahraga yang hampir sama dengan bola basket, namun jumlah pemain, lapangan serta ring yang hanya satu buah. Streetball biasa dimainkan dengan sistem 3 on 3 yang hanya menggunakan 1 ring sebagai sasaran yang biasa dimainkan di pinggir jalan pada waktu malam hari. Selain perbedaan itu, streetball juga lebih menghibur dan kostum olahraga yang digunakan mengadopsi gaya para rapper (penyanyi rap). Streetball kini semakin diminati kalangan anak muda yang kemudian menjadi trend dan berkembang menjadi gaya hidup.

Streetball yang lahir di Venice Beach, sebuah pantai di Amerika Serikat, memiliki aturan yang sedikit bebas dari bola basket. Selain cara bermain, lapangan tempat diadakannya permainan dikelilingi pagar kawat yang tinggi dan berbagai graffiti yang menghiasi dinding di sekelilingnya. Streetball juga memiliki keunikan tersendiri dengan adanya MC di tengah lapangan. Streetball di Indonesia lahir tahun 2002 silam.

Richard ‘Insane’ Latunusa merupakan penggagas streetball di Indonesia. Selain menjadi ikon streetball Indonesia, dia juga merupakan pemain terbaik liga LA Light Streeball tahun 2005. Untuk menampung kegemaran anak muda terhadap streetball, Richard membukan sekolah streetball bernama Future Streetball Camp, di Bandung. Hingga kini, tercatat 178 siswa yang belajar di sekolah itu berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat. Pada 2005, sebuah agen menawarkan permainan atraksi bola basket ini dijadikan sebuah produk yang bisa dijual. Insane tidak keberatan. Jadilah LA Light Streetball, even streetball 5 on 5 full court pertama di Indonesia, dan merupakan varian dari olahraga bola basket yang dikombinasikan dengan entertainment (hiburan).

Sumber - motodream.net

Temukan semuanya tentang Bisnis & Promosikan Usaha Anda di Iklan Gratis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar