Kamis, 05 Juli 2012

Belajar Menyetir Motor Gaya Freesyle




Mengendarai motor dengan tehnik freesyle memang cukup menegangkan dan mengerikan bagi yang belum pernah oleh karna itu siapkan mental dan adrenalin anda untuk belajar menyetir motor freestyle, berikut ini ada tehnik dasar untuk anda:

Trick wheelie : Wheelie merupakan trick yang mendasar dalam Freestyle, bisa dibilang gampang-gampang susah. Yang membuat wheelie susah adalah mencari titik keseimbangan disertai kita harus bisa memberikan tenaga yang pas agar keseimbangan tetap terjaga. Wheelie bisa menyenangkan, tapi pastikan Anda melakukannya dengan safety dan di tempat yang aman dan mendukung. Pertama dan terpenting, saat wheelie adalah dengan merasakan dan mendengar suara mesin, bukan oleh apa yang dilihat di Tachometer. Setiap orang atau motor mempunyai power yang berbeda dan setelan sproket yang beda pula, jadi anda tidak perlu melihat tachometer anda.

Ada tiga cara yang biasa digunakan untuk wheelie :

  • Lepas gas sampai di powerband dengan power rendah (underpower), terus gas sampai mentok (hanya untuk motor besar)
  • Cara ini dinamakan "double tap”. Naikkan motor sampai putaran yang bertenaga, kemudian tutup gas, dan langsung buka.
  • Dan cara terakhir yang cocok untuk motor kecil. Dengan memakai kopling lalu buka gas sampai hampir sampai "power region" (putaran di mana motor mulai bertenaga), tarik kopling sambil menahan putaran mesin, lalu lepaskan kopling, dan motor akan mengangkat.

Inti dari wheelie adalah mencari balance point, lakukan latihan secara bertahap untuk melatih feeling dan sampai bisa merasakan balance point.

Trick stoppie : Stoppie merupakan trick yang berlawanan dengan wheelie. Bedanya, stoppie adalah trick yang mengangkat ban belakang motor sedangkan wheelie mengangkat ban depan motor.

Untuk stoppie, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan :

  • Periksa keadaan ban depan (apakah sudah botak atau belum), berhati-hatilah jika ban depan sudah botak.
  • Periksa keadaan aspal di lokasi latihan (jangan berpasir, berkerikil apalagi tanah). Tidak disarankan berlatih di dalam kondisi hujan.

Demikian pembahasannya semoga bermanfaat untuk anda dalam mempelajari menyetir motor gaya freestyle, temukan info menarik tentang jaket motor respiro

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar