Senin, 01 Oktober 2012

Bisnis Unik Bakso Jamur





Peluang Usaha – Kuliner merupakan salah satu bisnis yang tak mengenal zaman, asalkan enak dan harga yang kompetitif pasti dicari oleh banyak orang. Peluang usaha kuliner unik tak hanya saja dijadikan sebagai usaha utama banyak pula dari peluang usaha kuliner unik ini dijadikan usaha sampingan.

Untuk ragam usaha pelulang usaha kuliner unik pun terbilang banyak, baik yang telah ada maupun yang hendak anda ciptakan sendiri, mulai dari makanan kering, kue, jajanan tradisional hingga kreasi masakan dan minuman modern, tinggal anda sesuaikan dengan budget, lokasi dan sasaran konsumen yang hendak anda pilih.

Salah satunya adalah peluang usaha kuliner unik berupa sate jamur dan bakso jamur seperti yang kami kutip dari “wisata.kompasiana.com/kuliner/2012/02/04/sate-jamur-dan-bakso-jamur-bisnis-kuliner-unik”

Memberdayakan jamur yang diolah menjadi sate dan bakso menjadi peluang usaha kuliner unik yang coba diberdayakan oleh Singgih Swasono, untuk proses  pembuatannya pria ini menjelaskan beberapa tahapan.

Untuk sate jamur Proses pembuatan sate jamur, cukup sederhana. Pertama dipisahkan antara daun jamur dan batang. Kedua, daun jamur di potong memanjang dengan gunting. Ketiga di kukus, setelah masak ditiriskan, setelah dingin tekan-tekan supaya kandungan airnya kurang. Kemudian daun jamur tiram dibuat sate jamur.

Bahan Jamur Segar Utuh


Jamur Merang Segar

Potongan Jamur Segar bahan Sate Jamur




Daun Jamur sudah dikukus


Sate Jamur siap Dibakar


Membakar Sate Jamur


Hidangan Sate Jamur



Penyajian seperti halnya sate ayam. Disajikan dengan bumbu kacang, kecap ditambah dengan irisan bawang merah, tomat dan cabai rawit. Jamur tiram setelah dibakar di atas arang, rasanya menjadi unik mirip dengan daging ayam tapi lebih lembut jadi mudah dikunyah.

Sedangkan untuk bakso jamur prosesnya pun terbilan mudah. Pertama, tangkainya setelah dikukus, ditiriskan. Setelah dingin, di peras supaya kadar airnya berkurang. Kedua, bungkus rapat dimasukkan dalam freezer selama satu malam. Ketiga, setelah beku bawa ke penggilingan bakso. Komposisi adonan seperti membuat bakso pada umumnya, perbandingan jamur, daging Sapi, tepung 5:2:1dan tentunya ditambah bawang putih, merica, garam dapur, minyak barbeque. Perbandingan tersebut menghasilkan 1000 biji bakso.


angkai Jamur segar bahan Bakso Jamur



Tangkai Jamur sudah Masak/dikukus




Bakso Jamur



Bakso Jamur siap disajikan





Info Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar