Selasa, 15 Mei 2012

Bila Ingin Kredit Mobil Baru



Kredit mobil baru sebenarnya memang jatuhnya mahal tapi ada baiknya anda kredit mobil bila keuangan anda hanya mencukupi untuk keperluan bulanan dan cicilan kredit mobil berikut ini ada beberapa trik untuk kredit mobil baru:

Kenali yang Menyediakan Kredit mobil: Secara umum ada dua jenis perusahaan atau lembaga yang menyediakan sarana Kredit Mobil untuk masyarakat khususnya untuk kepemilikan mobil. Lembaga yang pertama adalah institusi perbankan.
Sedangkan yang kedua adalah lembaga pembiayaan. Lembaga pembiayaan biasanya terkait dengan perusahaan yang bergerak di industri otomotif, baik sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) atau dealer. Di zaman krisis seperti sekarang ini, sektor perbankan akan sangat berhati-hati mengucurkan dana untuk kredit kepemilikan mobil bagi individu. Walaupun beberapa waktu belakangan ini beberapa bank mulai menawarkan kredit kepemilikan mobil bagi masyarakat individu.

Pilih Mobil Sesuai Kebutuhan: Pilihlah mobil sesuai dengan kebutuhan anda dan keluarga karena nantinya mobil tersebut akan di pakai bersama, Setiap individu dalam keluarga memiliki preferensi mengenai jenis mobil yang berbeda. Sebaiknya hal ini didiskusikan dengan anggota keluarga lain. Supaya keputusan membeli jenis mobil tertentu nanti telah menjadi keputusan bersama yang menyenangkan untuk semua anggota keluarga.

Survey Harga: Setelah Anda memutuskan jenis mobil yang diinginkan, maka langkah berikutnya adalah mencari tahu berapa harga terbaik yang ditawarkan, yang mungkin didapatkan dengan menanyakan ke beberapa dealer daihatsu atau dealer mobil lainya yang mengeluarkan jenis mobil yang Anda inginkan cth Kredit Mobil Daihatsu harga bersaing dan berkualitas. Hal ini memakan waktu cukup banyak karena Anda harus menanyakan langsung ke beberapa dealer tentang harga dari mobil tersebut, Jual Mobil Daihatsu dan Jual Mobil untuk membantu anda sebelum kredit mobil.

Siapkan DP dan Cicilan Sesuai Kekuatan: Satu hal yang harus Anda persiapkan bila Anda memutuskan untuk membeli mobil dengan kredit adalah uang muka atau down payment. Yang secara umum berkisar antara 20-30 persen dari harga mobil. Contoh saja, bila harga mobil yang Anda inginkan 200 juta maka paling tidak Anda harus menyiapkan dana sekitar 40-60 juta sebagai uang muka. Belum ditambah dengan biaya administrasi dan biaya-biaya lain. Sesuaikan kesanggupan biaya anda untuk mencicil tiap bulan bisa dihitung berdasarkan debt ratio Anda. Saran saya, debt ratio Anda jangan melampaui 30 persen. Jadi dari pendapatan bersih perbulan maksimum 30 persen-nya dapat Anda sisihkan untuk digunakan sebagai cicilan kredit mobil tersebut.

Besarnya cicilan akan sangat bergantung dengan jangka waktu kredit yang Anda inginkan. Secara umum jangka waktu kredit kepemilikan mobil adalah dari 1 sampai 3 tahun. Ada juga lembaga keuangan yang menawarkan sampai 5 tahun. Sesuaikan kemampuan Anda mencicil tiap bulan dengan jangka waktu kredit, jangan sampai akibat kredit yang dipaksakan, arus keuangan keluarga bulanan menjadi tersendat-sendat.

Memilih Suku Bunga Kredit: Sebelumnya anda pelajari dahulu mengenai suku bunga kredit yang ada di pasaran, baik di sektor perbankan maupun lembaga pembiayaan. Secara teknis ada 2 jenis suku bunga kredit (1). Suku bunga tetap (flat rate) dan (2). Suku bunga mengambang (floating rate). Temukan info menarik tentang dealer daihatsu jakarta selatan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar