Jumat, 18 Mei 2012

Tips Terbaik Wisata Bawah Laut Dengan Snorkeling



Berwisata pulau tidung bila tidak menikmati keindahan bawah lautnya pasti berasa ada yang kurang, tak jarang orang yg berwisata pulau tidung pasti ingin bersnorkeling ria alias menikmati keindahan bawah laut wisata pulau tidung, namun yang namanya bersnorkeling pasti butuh persiapan yang matang, bila tidak tentunya akan terasa kurang nyaman menyelamnya, berikut persiapan yang harus di lakukan:

1. Gunakan masker yang pas
Masker adalah pelindung mata yang wajib digunakan ketika snorkeling. Agar tidak menganggu selama menyelam, pilihlah masker yang pas dan tidak bocor. Untuk mengetahui masker bocor atau tidak, Anda bisa menempelkan masker ke wajah tanpa mengikat talinya ke kepala dan tahan napas. Bila tidak copot, maka dapat dipastikan masker tidak bocor ketika dipakai menyelam.

2. Cegah masker dari embun
Hal yang paling umum terjadi ketika menyelam adalah fogging atau masker yang berembun. Anda bisa mengoleskan pasta gigi atau shampo bayi ke kaca bagian dalam masker untuk mencegah fogging. Biarkan pasta gigi atau shampo bayi menempel pada masker dan bilas dengan air laut sesaat sebelum digunakan untuk menyelam.

3. Pilih fin yang pas dengan ukuran kaki
Fin atau sepatu katak adalah salah satu perlengkapan penting saat snorkeling untuk membantu pergerakan kaki. Fin yang tidak sesuai dengan ukuran kaki tentu sangat mengganggu ketika berenang. Oleh karena itu, pilihlah fin yang pas dengan ukuran kaki.

4. Latihan bernafas dengan snorkel
Snorkel adalah pipa yang khusus digunakan untuk bernafas ketika bersnorkeling. Perlu cara khusus untuk menggunakannya. Agar pernafasan terasa nyaman, Anda bisa berlatih menggunakan snorkel sekitar 5 sampai 10 menit, sebelum memulai snorkeling.

5. Baju khusus
Anda bisa menggunakan wet suit yang biasa disediakan di tempat penyewaan alat snorkeling. Bila tidak ada, Anda bisa menggunakan legging dan kaos lengan panjang. Ada baiknya Anda menggunakan kaos berwarna cerah, agar mudah dikenali kawan.

6. Gunakan sunblock
Saat snorkeling, biasanya kita terlena melihat keindahan laut, tanpa menyadari kalau kulit sudah terbakar matahari. Untuk mencegah itu semua, gunakan sunblock yang memiliki SPF tinggi ke seluruh tubuh.

7. Gunakan pelampung
Tidak perlu khawatir untuk Anda yang tidak bisa berenang. Biasanya alat pelampung disediakan di tempat penyewaan alat snorkeling. Pelampung sangat berguna untuk keselamatan di laut lepas. Jadi, pastikan selalu mengenakannya.

8. Jangan jauh-jauh dari teman
Untuk menambah keamanan selama snorkeling, pastikan Anda tidak berjauhan dengan teman untuk saling menjaga. Terlebih lagi bila bersama instruktur, jangan pernah berjauh-jauhan dengan mereka agar keselamatan lebih terjamin.

Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda ketika ingin bersnorkeling menikmati keindahan bawah laut. Temukan info menarik tentang wisata pulau tidung

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar