Senin, 21 Mei 2012

Cara Ambil Peluang Usaha Cuci Motor



Cuaca yang semakin tak menentu yang sebentar hujan sebentar panas membuat kendaraan yang di pakai semakin cepat kotor, apa lagi saat musim hujan yang terus menerus tentunya membuat kendaraan lebih cepat kotor, melihat keadaan cuaca tersebut, banyak orang yang melihat peluang usaha cuci motor dan mobil sehingga mereka membuka usaha tersebut, namun untuk anda yang baru ingin membuka bisnis tersebut apa sajakah yang diperlukan:

Pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan

  1. Standar kebersihan motor dan cara membersihkannya.
  2. Mesin kendaraan bermotor (jangan sampai karena ketidaktahuan,mesin motor malah rusak karena terkena air).
  3. Pembukuan sederhana, menyangkut pencatatan modal awal, operasional bulanan, dan pendapatan.
  4. Akses untuk mendapatkan tenaga yang bisa membantu membersihkan motor.


Modal yang diperlukan

1. Tempat dengan luas minimal 12 meter persegi untuk 2-3 motor.
2. Dana sekitar Rp.5.000.000,-. Modal diperlukan untuk membeli pompa air, kompresor, dan peralatan cuci, seperti sabun, sampo motor, sikat, kain lap (kanebo), dan pengkilap cat motor. Modal ini termasuk untuk perbaikan tempat sesuai dengan kebutuhan, seperti kran dan saluran air.
3. Tenaga kerja, 2-3 orang, untuk mencuci motor (salah satu merangkap sebagai tenaga kerja administrasi). Jika makin banyak pengguna jasa yang datang, jumlah tenaga kerja bisa ditambah.


Kiat menjalankan usaha

  1. Cari lokasi usaha yang banyak kendaraan bermotor. Pertimbangkan persaingan dan lingkungan yang banyak penduduk.
  2. Mencari dan melatih tenaga kerja tentang cara dan standar kebersihan dalam mencuci sepeda motor sampai menyemir ban.
  3. Pilih pekerja yang mau bekerja keras dan tidak malas.
  4. Gaji mereka berdasarkan jumlah motor yang dicuci. Ini dapat merangsang mereka agar giat bekerja dan mengurangi resiko jika jumlah konsumen sedikit.
  5. Latih tenaga kerja tersebut cara melayani dan berhubungan dengan konsumen.
  6. Tentukan harga cuci sepeda motor. Biasanya harga berkisar Rp. 6000,- – Rp. 8.000,-. Penentuan harga tergantung dari potensi pengguna jasa dan pelayanan yang Anda tawarkan. Misalnya, menambah dengan menyemir ban.
  7. Administrasi yang rapi, yaitu mencatat setiap pengeluaran (listrik, air, gaji pegawai, iuran warga) dan pemasukan. Berikan kwitansi pada setiap konsumen yang mencuci motornya di tempat Anda

Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda dalam membuka bisnis cuci motor dan mobil tersebut. temukan info menarik seputar peluang usaha cuci motor

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar