Selasa, 22 Mei 2012

Simulasi Panel Listrik Dengan Ecodial 3.3 Dengan Daya 197 Kva





Panel Listrik – Panel adalah susunan beberapa bidang yang membentuk satu kesatuan bentuk dan fungsi. panel listrik  atau nama kerennya Electrical switchboard merupakan tempat pengaturan pembagi dan pemutus aliran listrik. Panel listrik sendiri terdiri dari susunan beberapa komponen listrik dalam suatu papan control, sehingga saling berkaitan dan membentuk fungsi sesuai dengan kebutuhan sang penggunanya.

demi mendapatkan instalasi listrik lengkap dengan panel listrik yang baik dibutuhkan perencanaan dan cara membuat panel listrik yang tepat adan akurat, baik itu mengenai kebutuhan daya listrik, jenis dan ukuan kabel, besarnya pengaman yang dibutuhkan, berapa besaran hubungan pendek yang munkin terjadi, penurunan tegangan dan lain sebagainya.

Membuat Perencanaan instalasi listrik dan cara membuat panel listrik ini memakai program ecodial 3.3 untuk mangganti perencanaan instalasi listrik dan cara membuat panel listrik secara manual.

Simulasi dan cara membuat panel listrik lengkap dengan ecodial 3.3 ialah memiliki daya beban 343,65 kVA lebih besar dari daya sumber 197 kVA.
Kapasitas daya transformator menurut perhitungan ecodial 3.3 adalah 400 kVA. Nilai kapasitor sebesar 150 kVAr. Untuk pengaman pada transformator digunakan NS630N-45kA dan ukuran kabel fasa 2 x 120 mm 2 , netral 1 x 120 mm 2 dan PE (penghantar proteksi) 1 x 70 mm 2


 sumber:dewey.petra.ac.id

Info terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar