Kamis, 24 Mei 2012

Cara Sebelum Membeli Mesin Digital Printing



Membeli mesin digital printing memang tidak bisa sembarangan karena bila mesin tersebut cepat rusak atau banyak trouble tentunya anda akan mengalami kerugian besar langkah apa sajakah yang perlu anda lakukan sebelum membeli mesin digital printing?, berikut ada beberapa tips untuk anda:

1. Coba mintalah referensi pada teman atau rekan bisnis anda yang pernah membeli produk mesin digital printing. Tanyakan bagaimana selama ini menggunakan mesin digital printing ini penting, sebab kepuasan orang lain akan kita jadikan acuan untuk dapat membeli mesin tersebut. Tanyakan juga kepada agen/penyalur alat/mesin digital printing dimana dan Apakah banyak masalah, bagaimana pelayanan service/teknisi, sparepart tersedia apa tidak, kalau mesin tersebut bagus dimana saya dapat membelinya.

2. Lihatlah demo produk agar kita lebih jelas terhadap alat/mesin digital printing yang ditawarkan kepada kita, karena setelah kita mendapatkan referensi sekarang kita sendiri yang akan membuktikannya dengan demo produk, Hadirkan juga dalam demo tersebut operator atau teknisi yang independent atau orang kepercayaan kita untuk menilai demo tersebut.

3. Jangan lupa minta jaminan purna jual berupa garansi spare part dan garansi service yang biasanya gratis selama jangka waktu tertentu,dan tanyakan ketersediaan sparepart dan teknisi setelah masa garansi habis/selesai. Untuk bahan pertimbangan biasanya alat/mesin digital printing yang dijual merupakan copy paste dari alat/mesin yang sudah ada buatan Jepang atau Jerman, pastikan mesin digital printing tersebut sudah banyak dipasaran Indonesia. Artinya anda dapat memastikan ketersediaan sparepart yang di perlukan suatu hari nanti bila alat tersebut mengalami kerusakan dan perlu penggantian sparepart, karena sparepart lokal banyak tersedia, selain ketersediaan sparepart dari agen alat printing tersebut

4. Harga mesin digital printing adalah salah satu alasan kita untuk berinvestasi pada alat/mesin digital printing, biasanya harganya setengah atau lebih dari mesin buatan Jepang,dan tiga atau empat kali dari harga alat/mesin buatan Jerman. Bahkan setara dengan alat/mesin Second. Alasan inilah yang biasanya digunakan untuk investasi mesin digital printing baru dibanding dengan mesin second karena lebih terjamin atas adanya garansi service dan sparepart. Jangan lupa tanyakan juga sistem pembayaran yang dapat dilakukan apakah cash atau kredit, karena biasanya untuk pembayaran tempo lebih menarik bagi yang ingin investasi atau tambah mesin, ini dilakukan karena bisnis percetakan tidak hanya cukup satu unit mesin saja, tetapi ada tiga bagian yaitu bagian persiapan, bagian produksi dan bagian finishing/jilid yang masing masing mempunyai beragam jenis alat/mesin digital printing. Atau pembayaran cash yang biasanya mendapatkan discount khusus.

5. Lakukan analsa perbandingan dengan mesin digital printing ex-negara lain nya atau merek lainnya atau bahkan mesin second-hand, bandingkan positif dan negatif atas 4 faktor diatas. Kemudian ambil keputusan untuk membeli.

Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda saat ingin membeli mesin digital printing. Temukan info menarik tentang harga mesin digital printing

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar