Selasa, 22 Mei 2012

Mengenal Katagori Panel Listrik 3 Phase





Panel Listrik – Rangkaian Star dan delta merupakan katagori dari instalasi panel listrik 3 phase, terutama pada mesin-mesin listrik.
 
Rangkaian star merupakan peralatan panel listrik 3 phase dimana didalamnya terdiri dari 3 unit/bagian (belitan misalnya) yg sama dirangkai seperti membentuk hurup Y dimana ujung-ujungnya adalah tersambung sbg line dan bagian tengahnya adalah bagian netral.

Rangkaian delta merupakan peralatan panel listrik 3 phase dimana didalamnya terdiri dari 3 unit/bagian yg sama (belitan misalnya) dibuat seperti membentuk bangun segitiga dimana ujung-ujungnya merupakan tersambung sbg line, dan tdk mempunyai netral. jika ingin memperoleh netralnya biasanya diambil dr ground dgn syarat sumber tegangannya juga digroundkan.

jika yang dimaksud rangkaian star-delta, pada motor strarter ialah suatu rangkaian panel listrik 3 phase utk menjalankan motor listrik, dimana pada saat start memakai hubungan star dan beberapa saat kemudian berubah menjadi delta. Tujuannya adalah untuk mengurangi arus start yg cukup tinggi.


Info Terkait


Tidak ada komentar:

Posting Komentar