Kamis, 24 Mei 2012

Step Pengurusan SIM



Bila mengurus SIM memang enak nya menggunakan
biro jasa karena urusannya lebih mudah dan tidak melalui proses yang panjang kita hanya sekedar menunggu saja maka prosesnya akan cepat selesai tetapi bila anda ingin mengurusnya sendiri maka anda harus mengikuti tahapan proses sebagai berikut:

  • Usahakan anda datang sebelum jam 8.00 pagi. Jangan lupa membawa alat tulis pensil dan pulpen serta fotokopi KTP 4 lembar.
  • Tahapan pertama adalah test kesehatan (mata), segera menuju tempat test kesehatan. Atau bila bingung, segera hubungi bagian informasi, atau polisi yang bertugas dibagian depan pintu masuk untuk mengetahui tahapan pengurusan test.
  • Selanjutnya silahkan lakukan pembayaran untuk biaya pembuatan SIM baru dan asuransi.
  • Test teori terdiri dari 30 soal dengan minimum score 18. Untuk tiap jenis SIM soalnya berbeda dan ada 9 variasi untuk masing-masing SIM A, B dan C. Soal terdiri dari 2 tipe, hafalan dan analisa. Hafalan seperti, berapa usia minimum mendapatkan SIM C, apa arti rambu, soal tipe hapalan ini merupakan penyumbang score terbesar. Tipe kedua adalah analisa, sekitar 30% adalah analisa seperti kendaraan mana yang harus maju duluan, kendaraan mana yang harus menunggu.
  • Untuk test motor, ada 6 track yang harus dilalui: Angka delapan, Zigzag, Berjalan-Berhenti/rem dan putaran U. Untuk test praktek ini bila gagal tidak ada remedial test langsung seperti test teori. Kita diperbolehkan mengulang setelah 14 hari.Untuk test mobil, antara lain berhenti di tanjakan, parkir paralel. saat ini test drive tidak menggunakan mobil lagi tapi saat ini menggunakan video game dan dengan alat setir mobil sungguhan.
  • Proses pengurusan foto, sidik jari dan cetak kartu sangat cepat. Hampir tidak ada waktu untuk menunggu.

Demikian proses nya dalam pembuatan SIM semoga dapat menambah pengetahuan anda.

Artikel terkait: Tentang Tahap Mengurus Surat IMB

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar