Selasa, 22 Mei 2012

Ciri Khas Batik Tulis Gumelem



Kerajinan batik memang tersebar di seluruh pulau jawa dan beberapa di pulau lainya di indonesia ini tapi yang paling banyak pusatnya adalah di pulau jawa dan tiap daerah memiliki ciri khas batiknya sendiri dengan corak dan pakemnya sendiri-sendiri di jawa tengah banyak sekali pusat kerajinan batik dan yang paling sering di sebut adalah pekalongan karena di sana adalah pusat kota batik namun daerah lain pun di jawa tengah juga banyak pengrajin batik salah satunya produk unggulan yang dimiliki Kabupaten Banjarnegara yaitu kerajinan Batik Gumelem. Sesuai namanya kerajinan ini bersentra di Desa Gumelem, Kecamatan Susukan, berjarak sekitar 30 km ke arah selatan dari pusat kota Banjarnegara. Di desa inilah berbagai pengrajin batik tulis tersebar dan terhimpun dalam suatu wadah/komunitas usaha kecil dan menengah (UKM).

Produk kerajinan batik tulis Banjarnegara (Batik Gumelem) ternyata memiliki kekhasan apabila dibanding produk batik tulis lainnya yang pernah ditemui di pasaran regional. Seperti halnya di daerah Jawa, batik tulis sering ditemui berasal dari Yogyakarta, Solo, Pekalongan dan beberapa daerah sekitarnya yang selama ini sudah dikenal banyak orang. Batik tulis Gumelem ini mempunyai corak khas berupa udan liris dan rujak senthe yang diproduk secara turun-temurun oleh warga setempat. Di samping itu, batik Gumelem memiliki kekhasan lain yaitu didominasi warna sogan (cokelat), hitam, dan kuning, serta memiliki motif bunga-bunga, kawung, dan parang.

Produk batik tulis Gumelem merupakan produk asli daerah, pemasarannya masih terbatas hanya untuk memenuhi konsumsi lokal saja. Tetap kepala desa setempat tak ingin hasil kerajinan tersebut hanya untuk konsumsi lokal saja agar lebih di kenal oleh orang indonesia atau bahkan internasional untuk melestarikan produk yang bernuansa kedaerahan ini maka kepala desa setempat menghimpun wadah/komunitas antar pengrajin batik gumelem.
Dalam perkembangannya, batik tulis Gumelem sudah dimanfaatkan untuk memenuhi konsumsi atau kebutuhan lokal, seperti halnya di kalangan pemerintah daerah (Pemkab Banjarnegara) dianjurkan untuk memakai seragam batik pada hari tertentu. Ini merupakan langkah kebijakan sekaligus sebagai upaya memasyarakatkan penggunaan produk lokal dan sebagai upaya untuk melestarikannya.

Alhasil kini batik gumelem sudah di kenal luas dan terutama para kolektor batik dan para pecinta batik yang ingin melestarikan hasil karya masyarakat desa Gumelem yaitu batik gumelem. Bila anda berkunjung ke banjar negara ingin mencari batik gumelem anda bisa mendatangin langsung di Sentra Batik Gumelem tepatnya berada di Dukuh Dagaran dan Karangpace (Gumelem Wetan) dan Dukuh Ketandan, Beji dan Kauman (Gumelem Kulon), batik gumelem harganya lebih murah di banding batik daerah lain, batik tulis Gumelem yang memiliki warna dan corak serta motif khas ini sangat cocok digunakan dalam suasana resmi atau pakaian seragam di perkantoran dan berbagai kegiatan. Apalagi untuk kegiatan santai, pastinya lebih menambah kenyamanan. Temukan info menarik seputar jual kemeja batik modern

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar