Rabu, 08 Februari 2012

Keunikan Jaket Motor Dengan System Airbag





Jaket Motor -  keselamatan motor memang kerap menjadi momok tersendir bagi pengendara roda dua itu, berbagai cara dilakukan guna meminimalisir kecelakaan, salah satunya adalah inovasi dan terobosa pada jaket motor.

Produsen  Dainese D-Air Racing siap untuk mengeluarkan jaket motor dengan sistem airbag, D-Air Street. Jaket motor  ini jika sesuai rencana akan diproduksi pada pertengahan 2012.

Jakat motor D-air Street dirancang khusus untuk digunakan pada jalan umum. Cara kerja jaket motor pintar ini terdiri dari Motorcycle Kit (MKit) dan jaket motor merupakan pelapis airbag. MKit sendiri merupakan otak dari sistem tersebut yang tergabung dengan sepeda motor. Memiliki sepasang accelerometers (di bawah kursi, dan di garpu depan).

Di jaket motor itu terdapat sensor yang mampu membaca motor bila terjatuh dan terhubung unit layar di dashboard, untuk memberikan sistem informasi pengendara. Pada  bahan jaket terdapat perangkat airbag, yang memiliki dua airbag baik volume 12 liter. Juga dua generator gas pendingin bertenaga baterai, dengan rata-rata 30 jam pemakaian dan lima jam waktu pengisian.

Cara kerja ini telah dibuat bertujuan melindungi tulang belakang, pelindung punggung, membatasi gerakan leher, melindungi perut bagian atas dan dada. Sistem ini otomatis bekerja saat mesin hidup, dan berkomunikasi dengan airbag melalui radio dua arah.

pasca diaktifkan, MKit mendeteksi airbags dan isyarat kepada pengendara dari layar. Sistem ini akan diatur untuk mengidentifikasi bila terjadi tabrakan dengan cara membaca sudut kendaraan yang miring hingga 45 derajat. Airbag akan bekerja dengan kecepatan 45millisecond. Pembonceng juga bisa terlindungi bila menggunakan jaket ini. D-air Street sedang menjalani proses sertifikasi oleh TUV SUD.

Sumber:okezone.com


Info Terkait:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar