Kamis, 09 Februari 2012

Seni Kerajinan Kayu Ukiran Batik dari Jogja

Kreatifitas masyarakat Indonesia memang tidak ada habisnya, bahkan seni batik yang biasa di atas kain, bisa diaplikasikan pada kayu, kaca dan keramik. Kerajinan kayu ini mendapat apresiasi dari masyarakat lokal ataupun internasional, terutama kerajinan kayu bermotif batik. Kerajinan kayu ini bisa berbentuk nampan, asbak, topeng, patung dan hiasan dinding.

kerajinan kayu

Hal ini juga didukung dengan banyaknya sumber bahan baku dan juga ketrampilan dari pengrajin. Daerah penghasil kerajinan kayu ini ada didaerah Dusun Krebet, Yogyakarta. Daerah ini terletak 15km dari kota Yogyakarta. Seni membatik kayu merupakan keahlian masyarakat disekitarnya.

Hasil Kerajinan kayu ini nantinya dijual sebagai cinderamata bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah Yogyakarta. Untuk Proses pembuatannya. mereka menggunakan cara tradisional yang menghasilkan karya yang khas dan naturalis. Mereka juga memasarkannya dengan cara membuka showroom atau ikut pameran UKM lainnya. Selain itu mereka juga menggunakan sistem titip barang di counter dan mal-mal di Yogyakarta. Karya mereka juga dipasarkan sampai ke luar negeri dan memiliki pelanggan yang tetap


Bagi Anda yang berkunjung ke Yogyakarta, kerajinan ini bisa menjadi oleh-oleh yang cukup berkesan untuk menghias rumah Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar