Kamis, 28 Juni 2012

Saran Membuat Atap Rumah Yang Kokoh




Sebagai bagian dari bangunan rumah, atap memiliki fungsi untuk melindungi dari pengaruh panas,hujan angin,debu dan lain-lainya. Sebagai mahkota dari suatu bangunan

Pemilihan atap haruslah disesuaikan dengan bangunan dibawahnya,iklim setempat,model atap,biaya serta bahan yang tersedia.Atap terdiri dari tiga bagian,yaitu kuda-kuda,rangka atap,dan penutup atap.

A.KUDA-KUDA

Kuda-kuda merupakan suatu susunan rangka batang yang berfungsi sebagai pendukung beban atap dan beban kuda-kuda itu sendiri.Selain itu,kuda-kuda dapat memberikan bentuk pada atap.Konstruksi atap kuda-kuda umumnya terdiri dari atas rangkain batang yang senantiasa selalu berbentuk segitiga.

Namun demikian,bentuk konstruksi atap kuda-kuda bisa dimodifikasi karena mempertimbangkan berat atap serta bahan dan bentuk atap itu sendiri.Dilihat dari bahan yang digunakan ada tiga macam kuda-kuda,yaitu,kuda-kuda kayu,kuda-kuda baja,dan sopi-sopi.

Kuda-kuda Kayu:
kayu yang biasanya digunakan untuk kuda-kuda adalah kayu borneo dan singkil dari kalimantan,kayu ulin dari sumatra,kalimantan,maluku,kayu jati dari jawa dan lain-lain.

Kayu yang digunakan untuk kuda-kuda bisa diprofil (exsposed),jika dibawahnya tidak dipasang plafon sehingga akan tampak lebih indah.Namun bisa juga dibiarkan batangan saja jika dibawahnya akan dipasang plafon,Kuda-kuda exsposed banyak digunakan pada konsol terbuka,overstek,pargola,teras serta garasi.

Kuda-kuda dihitung dengan satuan M3 dengan kebutuhan bahan baku berupa kayu balok berukuran 6/12 Cm,8/12 Cm,dan 8/15,cara perhitungannya sebagai berikut.
Volume= Luas penampang x panjang

Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda dalam membuat atap rumah, temukan info menarik tentang iklan jual beli rumah gratis


Temukan artikel terkait : Tips Medesain Kamar Tidur Terbaik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar